(MAKALAH)
Disusun Oleh :
Nama :
Andre Bagas Kurniawan
Kelas : 2IA11
Matkul :
Peng. Tek. Internet & New Media
- Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan
Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media
merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu,
manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian
besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak.
- Komponen Dan Karakteristik New Media
Komponen dari new media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur dan pemakai dari new media itu sendiri. dan adapun karakteristik dari New Media antara lain :
1. Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2. Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3. Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4. Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5.
Virtuality,
karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek
immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski
tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang
mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.
- Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari
media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk
digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan
lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif
juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah
dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya
perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang
memanfaatkannya.
- Manfaat New Media1. Bidang SosialDalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.2. Bidang Industri/DagangDalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.3. Bidang PendidikanDalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.4. Bidang Lowongan KerjaDalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalumendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
- Aplikasi New Media
- Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring
sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi
ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini
adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media
seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
- Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa
dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia
maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog,
website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
- Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita
yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti
wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new
media, yaitu :
Google, Altavista, Yahoo
dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang
terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, Detik, Okezone
dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara
cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan
website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Twitter, Facebook,
Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social
network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata
publik.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan
pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada
yang menyediakan buku elektronik (e-book).
- Dampak Positif New Media
Dampak Positif New Media dapat dilihat dari beberapa
aspek yakni Edukasi, Sosial, Financial & Per-Bankan.
Edukasi : Kita sebagai siswa atau Mahasiswa pastilah
sering disibukkan dengan berbagai macam tugas yang diberikan. Twiter dan
Facebook mungkin salah satu referensi terbaik yang bisa dipercaya. Dari
Facebook atau Twitter, kita dapat bergabung / follow fanpage / twitter dari
universitas atau tokoh-tokoh edukasi yang dapat memberikan informasi seputar
dunia pendidikan. Sehingga bisa mempermudah dalam menyelesaikan tugas yang
diberikan.
Sosial : Dengan adanya Facebook & Twitter, kita
bisa menambah kenalan-kenalan baru. Kita juga bisa mencari kerabat yang mungkin
sudah lama mengalami discomunication kemudian bisa menjalain komunkasi lagi
seperti sebelumnya.
Financial : Melalui Facebook & Twitter, kita bisa
melakukan transaksi jual beli yang sekarang lebih sering disebut “online
shoop”.
Per-Bankan : Sekarang
ini, kita lebih sering menggunakan internet banking atau e-payment dibandingkan
harus mengantri lama di bank secara langsung. Transaksi perbankan melalui
e-banking atau e-payment memang lebih instan dibanding kan transaksi langusng
ke bank, selain itu juga kita bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga kita
bisa menyelesaikan tugas lainnya.
- Dampak Negatif New Media
Edukasi : User yang mengakses Facebook & Twitter
sering melalaikan tugas kuliah atau kantor karena keasikan mengakses jejaring
sosial.
Sosial : Banyak terjadinya penipuan status, sering
digunakan sebagai sarana pelampiasan amarah sehingga mengganggu pengguna lain,
sering juga digunakan sebagai saran penyebaran isu yang belum tentu
kebenarannya, dan banyaknya orang-orang yang bersosialisasi secara online di
banding bersosialisasi secara langsung.
Financial & Per-Bankan : Banyaknya penipuan jual beli barang secara
online yang mengharuskan kita untuk berhati- hati saat membeli barang secara
online. E-banking terkadang sering lama mengakses data ketika server sedang
sibuk.
No comments:
Post a Comment